Fakta Manfaat Positif Dan Sehat Dari Menggambar

posted in: Scribbles Words | 2

[D]rawing [P]arty [C]lub backup content;

Berikut ini ada artikel dari hasil copy-paste dari website www.carrotacademy.com, ini sebenarnya adalah pancingan tapi juga bukti kita yang masih serba terbatas, sehingga artikel hasil copy-paste ini kita publish di sini.

Mudah-mudahan dengan pancingan ini bisa membukakan kepedulian kita semua untuk memberikan kontribusi berupa artikel tentang menggambar. Artikel bisa dikirim ke help@drawingpartyclub.com dan dijamin akan di-publish disini, asalkan orisinil dan bukan copy-paste seperti artikel pancingan ini. Okeh, langsung aja disimak artikel tentang manfaat positif dan sehat dari menggambar berikut ini;

Menjadi sehat tentu sebuah prioritas yang sangat penting kan? Bagaimana kita bisa berkarya maksimal kalo kita sakit? Sayangnya banyak fakta kurang menggembirakan seputar kesehatan di sekitar kita. Salah satunya, masih rendahnya kesadaran gaya hidup sehat ikut menyumbang angka biaya kesehatan di Indonesia yang naik 36% tiap tahunnya, melebihi angka inflasi. Pada tahun 2020 diramalkan uang yang dihabiskan orang Indonesia untuk biaya kesehatannya mencapai 611 Triliun! Bukan cuma masalah biaya saja, tapi banyak sekali kerugian yang diderita akibat sakit. Nah, bagaimana sebaiknya kita menyikapi hal ini? Seperti kita tahu kesehatan fisik dan mental itu penting, ketika kita mengalami stress maka daya tahan tubuh kita akan turun dan penyakit mudah menyerang baik fisik maupun kejiwaan. Demikian juga sebaliknya, kesehatan fisik tidak boleh disepelekan karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Berita bagusnya, aktivitas menggambar memiliki benefit luar biasa bagi kesehatan kita. Jadi selain melakukan pola hidup sehat, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktivitas menggambar?

1. MENGEMBANGKAN KREATIVITAS [Fungsi Otak]
Melukis dan menggambar menuntut kemampuan berimajinasi untuk menciptakan realita baru dalam sebuah artwork, menghasilkan detail-detail obyek-obyek seperti bangunan, orang atau pemandangan. Benarkah orang-orang yang kreatif hidup lebih lama dan lebih sehat? Hasil sebuah studi, tingkat kreativitas akan memberikan kemampuan seseorang untuk menghadapi stress dengan lebih baik. Masalah tentu saja selalu ada, tapi apabila kita terbiasa berpikir kreatif, kita akan menemukan banyak cara untuk menghadapinya.

Manfaat ini sangat berguna sekali apabila dikembangkan sejak usia anak-anak, karena otak mengalami perkembangan yang luar biasa di usia anak-anak. Jangan melewatkan masa-masa emas perkembangan otak anak-anak, ajak mereka untuk menggambar!

2. MENINGKATKAN MEMORI [Fungsi Otak]
Manfaat melukis dan menggambar bisa dinikmati mereka yang mengalami penyakit seperti Alzheimer. Walaupun penyakit ini berhubungan dengan memori, aktivitas melukis dan menggambar akan membantu mereka meningkatkan “ketrampilan” dalam mengingat. Imajinasi menuntut otak untuk berpikir dan akan mempertajam otak secara terus menerus.

3. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI [Fungsi Otak]
Aktivitas melukis dan menggambar merupakan sebuah media bagi artist atau siapapun itu untuk menyampaikan pesan, menyalurkan emosi, bahkan hal-hal yang tidak mungkin disampaikan secara verbal. Aktivitas menggambar akan membantu seseorang yang mungkin memiliki hambatan berkomunikasi seperti rasa malu atau kurang percaya diri, atau bisa juga disabiliti seperti autisme. Proses menggambar yang konsisten membantu artist dalam proses berpikir yang tentu saja membantu kemampuan dalam berkomunikasi.

4. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH [Fungsi Otak]
Menggambar bisa menumbuhkan cara berpikir kritis dan membantu dalam problem solving. Menggambar membuat kita menyadari bahwa selalu ada lebih dari satu macam solusi dalam setiap masalah. Ketika mereka menciptakan sebuah artwork baru dari sebuah kertas kosong, mereka saat itu sedang belajar tentang berpikir “Out of the Box”.

Melukis dan menggambar akan memperluas perspektif pada berbagai situasi. Membantu kita mengatasi berbagai tugas dengan cara yang kreatif dan sangat efektif.

5. PELEPAS STRESS [Restorasi Emosional]
Mungkin manfaat kesehatan yang paling utama dari melukis dan menggambar melibatkan aspek emosional individu. Banyak orang menggunakan seni untuk melepaskan stres.

Menghadapi tekanan hidup bisa sangat melelahkan, melukis dan menggambar bisa menjadi pilihan untuk keluar sejenak dari rutinitas yang melelahkan. Mereka mampu membebaskan diri dari stres yang menumpuk dengan melepaskan ini dalam bentuk warna dan gambar. Sejenak kita bisa keluar dari segala ketakutan dan kekuatiran kita dan memasuki dunia yang menyenangkan dan kegembiraan.

Melepaskan stress menghindarkan kita dari ancaman-ancaman penyakit fisiologis.

6. EMOSI LEBIH POSITIF [Restorasi Emosional]
Melukis dan menggambar akan jelas mengurangi emosi negatif dalam individu. Ini akan digantikan oleh pikiran dan perasaan positif tatkala warna dan gambar dibuat. Skill menggambar yang terbangun secara konsisten juga akan menumbuhkan rasa percaya diri dan penghargaan pada diri sendiri. Sebuah pengakuan pada kemampuan diri sendiri.

Melalui manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar, seorang individu juga dapat mengembangkan optimisme dan merasa lebih bahagia melalui melukis dan menggambar. Dengan tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, seseorang dapat berproses kembang diri untuk lebih baik.

7. MELEPASKAN EMOSI YANG TERSEMBUNYI [Membuat Bahagia]
Seorang teman membagi pengalamannya ketika melewatkan masa-masa depresinya melalui sketsa-sketsa yang ia kerjakan selama tinggal di rumah sakit dan saat itu ia telah kehabisan cara untuk mengkomunikasikan sakit dan kesedihan yang dia alami. Melalui pensil dan kertas ia menemukan pelepasan dari semua kesedihan dan masalahnya. Ketika kita mengekspresikan warna-warna dalam gambar kita, di saat itu juga kita melepaskan emosi tersembunyi kita. Bahkan sakit secara fisikpun terbukti bisa berkurang. Penelitian memberika istilah “Alpha” sebuah kondisi di mana bagian otak secara sadar melakukan sebuah aktivitas sementara alam bawah sadar mendapat stimulasi. Keadaan seperti itu juga dapat diperoleh dari kegiatan lain seperti doa, musik, dan meditasi. Kondisi ini membantu melepaskan energi dan merevitalisasi kondisi individu, sangat membantu dalam proses pemulihan. Akibatnya, proses penyembuhan bisa lebih cepat dan lebih efektif.

Melukis dan menggambar sangat dianjurkan untuk penyembuhan individu dari peristiwa yang menyakitkan seperti perang dan kekerasan (misalnya perkosaan). Bahkan, banyak terapis memasukkan kegiatan ini dalam jadwal pasien mereka. Mereka akan mendorong pasien mereka untuk melepaskan perasaan mereka.

Sebuah komunitas bipolar di Jakarta juga melakukan kegiatan rutin menggambar sebagai salah satu kegiatan terapi mereka. Kegiatan ini diakui sangat membantu mengatasi tiap individu untuk menghadapi masalah bipolar mereka.

8. PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL [Membuat Bahagia]
Mengingat berbagai manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar, menunjukkan bahwa kegiatan ini juga juga memicu peningkatan kecerdasan emosional individu. Emosi seseorang lebih mudah mengalir melalui seni, membuat pemahaman yang lebih baik terhadap perasaannya yang bervariasi. Munculnya perasaan positif seperti sukacita, damai, kasih, dan kebahagiaan saat melakukan tugas-tugas menggambar.

Melalui perbaikan dalam kepribadian seseorang dan stabilitas emosional, melukis dan menggambar tidak hanya bermanfaat bagi satu individu tetapi bahkan orang-orang di sekelilingnya. Emosi adalah sesuatu yang menular dan memungkinkan untuk dibagikan pada lingkungan sekitar.

Individu yang memiliki kematangangan emosi akan sanggup memberikan pengaruh positif dan mencerahkan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya maupun membantu kesulitan mereka sendiri. Mereka yang memiliki kemampuan mengontrol emosi yang baik bisa menjadi teman atau pasangan yang menyenangkan.

Selain memberi pengaruh positif secara mental, kegiatan ini juga dapat mempromosikan peningkatan indra atau meningkatkan senses. Otak bekerja dengan menyampaikan pesan yang akan diubah dalam bentuk tindakan yang harus dilakukan oleh tubuh, merangsang fungsi otak seperti ini sangat penting untuk mengembangkan cara indra kita bereaksi dengan faktor-faktor luar. Indra kita akan mampu menangkap dengan baik sebuah pesan dan bereaksi dengan tepat.

9. MOBILITAS LEBIH BAIK
Seni memungkinkan seseorang untuk memiliki mobilitas yang lebih baik. Jam terbang yang dimiliki seorang artist bisa terlihat melalui sejauh mana ia bisa menciptakan artwork secara efektif. Seorang artist berpengalaman dapat menyelesaikan sebuah tugas lebih cepat dari artist pemula dengan hasil yang sempurna. Melalui peningkatan kegiatan otak seseorang, sinyal secara efektif dikirim dari otak ke neuron motor yang akan menginformasikan kepada tubuh tindakan khusus yang harus dilakukan. Akibatnya, keterampilan motorik halus akan timbul.

10. MEMILIKI PENGAMATAN YANG KUAT PADA DETAIL
Satu hal lagi yang menambah panjang daftar manfaat kesehatan menggambar adalah, kegiatan ini akan memungkinkan seseorang untuk menjadi lebih jeli rincian dari lingkungannya. Kepekaan terhadap cahaya, kegelapan, warna, shading, dan banyak properti lain dari melukis dan menggambar, memaksa artist untuk memperhatikan lebih dekat dengan rincian halus. Matanya akan dilatih untuk mencari desain yang rumit dan bentuk yang mungkin telah diabaikan sebelumnya. Dengan demikian, otak akan membiarkan konsentrasi seseorang meningkatkan, individu dapat melihat dan menghargai bahkan rincian yang paling renik yang dapat dilihat.

Kesimpulan;
Mengingat berbagai manfaat kesehatan dari melukis dan menggambar, jelas kegiatan ini dapat sangat berguna dalam mempromosikan kesehatan fisik dan mental individu. Selain meningkatkan kemampuan mental dan emosional, seorang individu dapat menikmati peningkatan keterampilan motorik dan sensorik . Menggambar adalah sesuatu yang mudah dan bisa dilakukan semua orang, siapapun itu.

 

(Visited 472 times, 1 visits today)

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.