Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Semangka untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Buah Semangka untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Siapa sih yang tidak kenal semangka? Pasalnya buah ini sangat populer di kalangan masyarakat karena rasanya yang manis serta kandungan air yang banyak, sehingga sangat cocok dikonsumsi pada siang hari. Dibalik rasa manis, buah ini memiliki beragam manfaat, salah satunya manfaat buah semangka untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Kadar air dalam semangka sangat tinggi, menurut penelitian kandungan air dalam buah semangka mencapai 91%. Selain itu buah ini juga kaya akan mineral, vitamin dan serat. 


Kandungan Gizi Buah Semangka

Buah yang berbentuk bundar berkulit hijau ini memiliki cukup banyak. Namun rendah kalori, yakni hanya 46 kalori dari 150 gram semangka. Adapun nutrisi penting lainnya dari buah semangka yaitu:
  • 18% vitamin A dari keperluan tubuh
  • 21% vitamin C dari keperluan tubuh
  • 4% magnesium dari keperluan tubuh
  • 5% kalium dari keperluan tubuh
  • 3% vitamin B1, B5 dan B6 dari keperluan tubuh
Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi seperti beta karoten dan likopen, serta asam amino dan citrulline yang baik untuk tubuh.

Manfaat Semangka untuk Tekanan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi biasanya identik dengan orang tua namun tak jarang pula anak muda yang mengalami penyakit ini. Namun Anda tak perlu khawatir, karena semangka bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan citrulline bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, karena kandungan tersebut dapat melemaskan serta melebarkan pembuluh darah. Sehingga tekanan pembuluh darah menjadi turun dan aliran darah lebih lancar. Selain itu, kandungan citrulline sebagai antioksidan mampu menangkal radikal bebas di pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah mengeras.

Menurut hasil penelitian di Florida state University mengatakan jika mengkonsumsi semangka secara rutin dan teratur bisa menurunkan darah tinggi Anda. Namun tetap ditambah dengan pola hidup sehat, seperti menjaga makanan dari gorengan dan mie instan, tidak merokok, jangan stress dan rajin berolahraga.

Itulah beberapa hal mengenai buah semangka, mulai dari kandungan semangka hingga manfaat buah semangka untuk menurunkan darah tinggi. Tentunya Anda juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Semangka untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi "