Skateboards Shop Owner Can Get

posted in: Scribble Words | 0

What Is the Skateboards Shop Owner Can Get?
Apa yang Pemilik Toko Skateboard Bisa Dapatkan?

Apa yang pemilik toko skateboard bisa dapatkan? Lalu berapa sih nilainya? Kenapa bisa seperti itu? Tidak perlu kamu jawab beberapa pertanyaanku itu. Tapi pertanyaan-pertanyaanku itu akan coba aku jawab sendiri melalui tulisanku ini, tapi hanya sebatas yang aku tahu dan menurut pendapatku sendiri. Kalau kamu tertarik dan ingin, kamu bisa mendiskusikannya denganku, terus terang karena aku sendiri sangat tertarik untuk membahasnya denganmu secara lebih mendalam, lebih konkrit dan lebih detil serta bisa dari hati ke hati. Jadi kapan kamu ada waktu, ajak aku membahasnya sambil kita duduk dan minum [kalau aku juga ada waktu].

Menurutku, menjalankan sebuah toko skateboard membuat pemiliknya bisa mengejar hasratnya pada skateboarding sambil tetap memperoleh keuntungan sebagai biaya hidup. Hasrat pada skateboarding adalah bagian paling penting dalam menjalankan sebuah toko skateboard, karena potensial pendapatan dari sebuah toko skateboard kurang lebih hanya sekitar Rp300 juta per tahun, terutama pada tahap awal sebuah toko skateboard dijalankan. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengurangi biaya untuk meningkatkan keuntungan dalam menjalankan toko skateboard, salah satunya adalah melakukan penjualan secara online dengan memanfaatkan internet.

 

Toko Skateboard;
Di Amerika Serikat, oleh Bureau of Labor Statistics, toko skateboard dimasukkan dalam kelompok usaha atau bisnis toko pakaian, aksesoris dan merchandise umum. Toko perlengkapan skateboard, pakaian dan aksesorisnya seperti toko skateboard yang aku maksud, biasanya hanya menawarkan kisaran produk yang terbatas hanya pada sekelompok calon pembeli, yaitu skateboarder atau skateboarder wanna be yang sangat antusias dengan skateboarding. Berdasarkan riset tentang toko skateboard di Indonesia yang aku lakukan selama masa lajangku, aku menemukan kurang lebih sekitar 47 toko skateboard, baik yang masih aktif maupun yang tidak [aku minta maaf karena pasti salah, ayo bantu aku memperbaikinya dengan menghubungiku di sini]. Selain itu aku juga menemukan ada ribuan penjual skateboard di Indonesia yang dilakukan secara personal atau perorangan yang tidak berupa toko skateboard. Jumlah ini terus bertambah seiring semakin besarnya komunitas skateboarding di Indonesia, apalagi di era digital seperti saat ini.

Pendapatan Potensial Toko Skateboard;
Secara khusus, pemilik toko skateboard butuh menjual ratusan ribu produk perlengkapan skateboard, pakaian dan aksesorisnya per tahunnya untuk menghasilkan keuntungan, jadi pendapatan pemilik sebuah toko skateboard terkait sangat erat dengan kondisi ekonomi pasarnya, yaitu skateboarder. Menjalankan sebuah toko skateboard yang pemiliknya bisa menjual perlengkapan skateboard, pakaian dan aksesorisnya senilai Rp300 juta per tahun, kemungkinan besar hanya akan mendapatkan keuntungan bersih Rp60 juta per tahun. Sebaliknya, sebuah toko skateboard dengan kehadirannya secara online di internet sebagai ganti dari toko secara fisik, mungkin bisa menghasilkan keuntungan bersih lebih dari Rp100 juta per tahun dengan penjualan yang sama.

Kebutuhan Toko Skateboard;
Biaya untuk memulai dan menjalankan sebuah toko skateboard adalah faktor terbesar yang membatasi pendapatan potensial dari pemilik toko skateboard. Menyewa sebuah tempat untuk menjalankan toko skateboard kecil-kecilan, biayanya bisa mencapai Rp25 juta sampai Rp100 juta per tahun, sedangkan membeli sebuah tempat untuk dijadikan sebuah toko skateboard bisa mencapai Rp500 juta sampai Rp 1 miliar. Persediaan produk skateboard, seperti papan skateboard, truck, roda dan bearing, bisa meningkatkan biaya untuk memulai dan menjalankan sebuah toko skateboard dari Rp100 juta menjadi Rp200 juta di tahun pertama [ini berdasarkan apa yang aku ketahui di masa lajangku]. Kebutuhan lainnya yang bisa menambah cukup besar biaya yang dikeluarkan oleh pemilik toko skateboard adalah biaya renovasi interior toko skateboard, biaya gaji karyawan toko skateboard dan biaya keperluan lainnya, yang nilainya bisa mencapai Rp50 juta sampai 100 juta per tahun. Semua biaya tadi besarnya sebanding dengan di mana lokasi dan seberapa besar toko skateboard yang akan dijalankan.

Prospek Industri Toko Skateboard;
Berdasarkan apa yang aku riset selama ini, baik secara online maupun offline, aku mengharapkan pertumbuhan usaha atau bisnis toko skateboard yang ada sudah bisa disejajarkan dengan pertumbuhan lapangan kerja dan pertumbuhan industri wirausaha di seluruh Indonesia. Karena pendapatan potensial sebuah toko skateboard akan menjadi lebih baik di masa-masa ke depan, apalagi toko skateboard yang juga sudah berjalan secara online di internet. Industri retail memang mengalami tingkat perputaran bisnis yang tinggi, tapi kesempatan untuk berkonsultasi dan berjejaring bisa didapatkan dengan bergabung dalam sebuah komunitas industri skateboarding, seperti yang ada di dalam SkateShop.Id [available soon].

Itulah tadi beberapa jawaban dari beberapa pertanyaan tentang menjalankan usaha atau bisnis toko skateboard. Tapi pertanyaan dan jawaban di atas hanya sebatas yang aku tahu dan menurut pendapatku sendiri. Kalau kamu tertarik dengan usaha atau bisnis di industri skateboarding, kamu bisa mendiskusikannya denganku [itu kalau kamu benar-benar menginginkannya], terus terang aku sendiri sangat tertarik untuk membahasnya denganmu secara lebih mendalam, lebih konkrit dan lebih detil serta dari hati ke hati. Kalau kamu ada waktu, ajak aku membahasnya sambil kita duduk dan minum [itu kalau aku juga ada waktu].

 

 

(Visited 73 times, 1 visits today)

Leave a Reply