Jogja Kembali

posted in: Fiction Stories | 1

Beberapa foto dokumentasi untuk mengenang liburan di Yogyakarta bersama semua siswa kelas tiga SLTP Negeri 1 Perak, kabupaten Jombang tahun ajaran 1998/1999. Liburan ke Yogyakarta ini sengaja diadakan oleh pihak SLTP Negeri 1 Perak dengan memanfaatkan masa minggu tenang sebelum ujian nasional, yaitu EBTANAS.

Umumnya liburan setelah ujian nasional, tapi ini dilakukan sebelum ujian nasional. Over all, liburan ini menyenangkan karena ini merupakan kesempatan pertama kali aku ke Yogyakarta bersama teman-teman sekolahku [lonely traveler since day one in junior high school].

ENDjoy this photos!!!

Keterangan foto:

  1. Foto ini diambil di pantai Parangtritis oleh Abdul Karim Al-Makkah. Sebenarnya di dalam foto ini cuma akan ada aku dan Evan Sany Sofan yang akan bergaya keren [sok cool gitu] di hamparan pantai. Tapi sesaat sebelum foto diambil, tiba-tiba saja Laily Farichul Aini muncul sambil berlari di depan kami. Ada hal yang menarik di dalam foto ini, yaitu foto ini menangkap ketika secara tidak sengaja kami berdua bersamaan mengangkat kedua tangan ke atas sebagai ungkapan kekecewaan atau menyayangkan terjadinya gangguan akibat muncul Laily Farichul Aini di dalam foto.
  2. Foto ini aku ambil sendiri ketika berada di dalam Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Awalnya aku ingin mengambil foto sebuah patung yang lumayan besar wujudnya dan bentuknya cukup menarik bagiku [terus terang aku suka dengan seni patung]. Setelah selesai mengambil foto sebuah patung, detik berikutnya aku ingin mengambil beberapa foto patung tersebut dengan teman-temanku berada di sekitar patung. Foto ini adalah salah satunya, foto Abdul Karim Al-Makkah dan Evan Sany Sofan sedang duduk di pinggiran punden tempat patung itu berdiri.
  3. Foto ini diambil oleh temanku Ilyas secara candid ketika kami berada di candi Prambanan atau candi Rara Jonggrang. Kalau menurut yang tertulis di prasasti Siwagrha yang ditemukan di lokasi candi Prambanan, nama aslinya bukan candi Prambanan tapi Siwagrha [rumah dewa Siwa]. Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang didirikan oleh Wangsa Sanjaya di abad ke 9 masehi. Saat itu aku dan Evan Sany Sofan sedang jongkok berdua di samping bangunan candi terbesar di dalam komplek candi Prambanan. Kami berdua sebenarnya sedang asik bermain tik tak tuk atau tic tac toe dan temanku Ilyas diam-diam mengambil foto kami.
  4. Foto ini aku ambil ketika berada di candi Borobudur yang berada di kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang. Candi Borobudur merupakan candi Budha yang didirikan oleh Wangsa Syailendra di abad ke 9 masehi. Saat itu aku baru saja selesai menelusuri candi Borobudur dan mulai mengambil beberapa foto stupa dari candi Borobudur. Salah satunya adalah foto ini. Di dalam foto ini ada Laily Farichul Aini yang sedang duduk sendiri di sebuah stupa dan menurutku cukup bagus untuk diambil fotonya.
  5. Foto kelima dan keenam adalah dua foto dengan sudut pengambilan yang berbeda. Kedua foto ini diambil oleh salah satu temanku yang aku sudah lupa siapa. Di dalam kedua foto ini ada aku, Abdul Karim Al-Makkah, Harjuno Legowo Rohman dan Evan Sany Sofan. Kami berempat sebenarnya sedang menikmati kemegahan candi Borobudur dan keindahan pemandangan alam sekitar candi Borobudur. Lalu kami memutuskan untuk mendokumentasikan moment ini dan meminta tolong salah satu temanku untuk mengambil fotonya.

Itulah beberapa dokumentasi foto ketika aku kembali lagi mengunjungi Yogyakarta tapi tidak sendirian melainkan bersama rombongan siswa kelas tiga SLTP Negeri 1 Perak, kabupaten Jombang tahun ajaran 1998/1999.

Ps, ada nama temanku yang aku lupa, bahkan aku juga sudah lupa beberapa temanku, jadi untuk mencegah lupa dan menolak lupa, aku ingatkan untuk kamu yang telah membaca tulisan ini, silahkan berkenalan denganku, kirim informasi kontakmu untuk kusimpan agar aku bisa menghubungimu lagi di lain waktu.

 

(Visited 80 times, 1 visits today)

One Response

  1. […] Di minggu tenang itu pihak sekolah memanfaatkannya untuk semua siswa kelas tiga dengan mengadakan liburan ke Yogyakarta. Menurutku ini terbalik karena setahuku, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, […]

Leave a Reply