Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 3

posted in: Fiction Stories | 7

PAHAMK’s Love Live and Label Honey Moon (Bagian Kelima): Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 3

Tanggal 6 Juli 2015:

Pukul 7 pagi (GMT +7) makan pagi di pulau Lanta Yai, Thailand.
Aktualnya pukul 10 pagi kami bangun di Coco’s GuestHouse di pulau Phi Phi Don. Kami langsung mandi dan siap-siap untuk pergi menuju pulau Lanta Yai. Kami tidak makan pagi lagi karena perut kami masih belum terasa lapar.

Pukul 8 pagi (GMT +7) check out dari penginapan di pulau Lanta Yai, Thailand.
Aktualnya kami check out pukul 10.30 pagi dari Coco’s GuestHouse lalu kami jalan kaki menuju dermaga pulau Phi Phi Don untuk menunggu Speed Boat yang akan pergi menuju ke pulau Lanta Yai.

Pukul 9 pagi (GMT +7) pergi menuju ke pulau Lipe, Thailand naik Speed Boat.
Aktualnya kami tiba di dermaga pulau Phi Phi Don sekitar pukul 11 pagi. Kami bergabung dengan antrian penumpang yang sama-sama menunggu Speed Boat tujuan pulau Lanta Yai. Sekitar 15 menit menunggu, Speed Boat tujuan pulau Lanta Yai tiba dan berlabuh di dermaga pulau Phi Phi Don. Kami langsung naik ke atas Speed Boat sesuai arahan petugas dermaga. Speed Boat tujuan pulau Lanta Yai berangkat dan meninggalkan pulau Phi Phi Don pada pukul 11.30 siang. Angin dan ombak laut yang besar sesekali menerbangkan dan menggoncangkan Speed Boat yang kami tumpangi selama perjalanan hingga kami tiba di dermaga Saladan, pulau Lanta Yai. Memang bulan Juli merupakan musim angin dan ombak laut yang besar di Thailand bagian selatan. Karena hal itu di bulan Juli sangat sedikit wisatawan berkunjung ke Thailand bagian Selatan, sehingga disebut dengan istilah Low Season.

Pukul 12 siang (GMT +7) makan siang di perjalanan.
Aktualnya kami tidak makan siang di atas Speed Boat karena kami sudah tiba di dermaga Saladan di pulau Lanta Yai sekitar pukul 12 siang. Kami tiba lebih awal dari perkiraan kami.

Pukul 5 sore (GMT +7) tiba di pulau Lipe, Thailand.
Aktualnya setelah kami turun dari Speed Boat di dermaga Saladan, kami langsung jalan kaki menuju ke penginapan di pulau Lanta Yai, yaitu Baan Mook Anda Hostel. Kami check in di Baan Mook Anda Hostel pukul 12.30 siang. Kami belum merasa lapar jadi memutuskan tidak makan siang. Tapi kami makan makanan ringan bekal kami yang masih ada dan membuat minuman hangat menggunakan fasilitas yang telah disediakan di Baan Mook Anda Hostel. Sambil duduk santai di lobby, kami menikmati makanan ringan dan minuman hangat sampai pukul 2 siang. Lalu kami menyewa sepeda motor untuk pergi berkeliling pulau Lanta Yai. Kebetulan di Baan Mook Anda Hostel menyewakan sepeda motor. Kami datangi beberapa pantai di pulau Lanta Yai dengan sepeda motor. Kondisi pantai di pulau Lanta Yai tidak sebagus dugaan kami. Semua pantai yang kami datangi banyak sampahnya, air lautnya pun sudah keruh dan tidak jernih lagi. Mungkin karena ini sedang musim angin dan ombak yang besar sehingga pantainya tidak secantik biasanya. Wajar saja jika menjadi sangat sepi pengunjung (Low Season), kami melihat hampir tidak ada pengunjung di semua pantai yang kami datangi di pulau Lanta Yai. Mudah-mudahan di musim berikutnya banyak pengunjung yang bisa mendapati kecantikan pantai-pantai di pulau Lanta Yai. Kebetulan sedang bulan Ramadhan, ketika kami kembali ke penginapan, kami melihat banyak warga muslim berjualan makanan di pinggir jalanan pulau Lanta Yai. Makanan yang dijual adalah makanan-makanan tradisional khas Thailand untuk berbuka puasa. Kami sempatkan untuk beli makanan untuk mengisi perut kami dan kami bungkus untuk dimakan di penginapan.

Pukul 8 malam (GMT +7) tiba di penginapan di pulau Lipe, Thailand.
Aktualnya setelah berkeliling pulau Lanta Yai, kami tiba di penginapan sekitar pukul 6 sore. Mungkin karena kami sudah lelah, kami langsung tidur hingga bangun pukul 8 malam.

Pukul 9 malam (GMT +7) makan malam di pulau Lipe, Thailand.
Aktualnya setelah bangun tidur kami tidak pergi beli makan malam. Kami hanya istirahat di penginapan sambil menghabiskan makanan yang kami beli ketika berkeliling pulau Lanta Yai. Setelah makanan kami sudah habis, kami membuat minuman hangat lalu duduk santai di lobby ditemani pengelola Baan Mook Anda Hostel yang juga sedang duduk di lobby. Kami diberitahu oleh pengelola Baan Mook Anda Hostel bahwa tidak ada transport lewat laut dari pulau Lanta Yai yang langsung ke pulau Lipe, Thailand. Penyebabnya adalah angin dan ombak lau yang besar, sehingga tidak ada kapal dan perahu yang diperbolehkan menempuh jalur laut dari pulau Lanta Yai langsung ke pulau Lipe. Satu-satunya transport yang ada adalah lewat darat dari pulau Lanta Yai ke dermaga Pak Bara, Satun, Thailand menggunakan mobil Mini Van lalu diteruskan lewat laut dari dermaga Pak Bara langsung ke pulau Lipe menggunakan Speed Boat. Setelah mendapatkan informasi seperti itu, kami akhirnya membeli tiket transport dari pulau Lanta Yai ke pulau Lipe via dermaga Pak Bara. Kebetulan Baan Mook Anda Hostel merupakan agen travel yang menjual tiket transport dari pulau Lanta Yai ke pulau Lipe via dermaga Pak Bara.

Pukul 10 malam (GMT +7) jalan-jalan di pulau Lipe, Thailand sambil mencari transport menuju ke pulau Langkawi, Malaysia. Cari transport ke pulau Langkawi, Malaysia yang lewat laut dan yang berangkat pagi.
Aktualnya sekitar pukul 11 malam perut kami terasa lapar lagi dan kami pun pergi keluar untuk membeli makanan. Kami pergi ke warung makan muslim. Di sini kami berjumpa dengan Mr. Johan yang dalam kondisi mabuk alkhohol. Dia lalu menghampiri dan duduk bergabung di meja kami. Mr. Johan yang sedang mabuk berat ini lalu menceritakan tentang dirinya yang sudah 5 tahun tinggal di pulau Lanta Yai. Dia memiliki usaha di pulau Lanta Yai ini berupa sebuah restoran, yaitu Papa Restoran dengan menu andalannya Pizza. Lalu Mr. Johan ini sedang ada masalah dengan orang tuanya sehingga membuatnya galau dan memutuskan untuk minum minuman beralkhohol hingga mabuk. Sambil terus menemani kami makan, Mr. Johan terus bercerita segala hal yang terlintas di kepalanya hingga kami selesai makan dan juga sudah membayar makanan kami. Kami berpamitan kepada Mr. Johan untuk kembali ke penginapan karena kami sudah mulai merasa mengantuk. Sekitar pukul 1 malam kami tiba di penginapan dan langsung tidur hingga pagi.

Rincian biaya (maksimal 1500 Bath) adalah $$$ Bath untuk beli makan pagi, $$$ Bath untuk bayar transport ke pulau Lipe, $$$ Bath untuk beli makan siang, 550 Bath untuk bayar penginapan di pulau Lipe, $$$ Bath untuk beli makan malam di pulau Lipe, $$$ Bath untuk beli air minum, $$$ Bath untuk beli rokok dan $$$ Bath untuk transport jalan-jalan di pulau Lipe.
Aktualnya kami menghabiskan 2980 Bath, rinciannya adalah 20 Bath untuk beli rokok eceran di pulau Phi Phi Don, 20 Bath untuk bayar tiket masuk pulau Lanta Yai, 330 Bath untuk bayar penginapan, 150 Bath untuk bayar sewa sepeda motor, 110 Bath untuk beli minum dan rokok di pulau Lanta Yai, 100 Bath untuk beli makan siang, 2200 Bath untuk bayar transport dari pulau Lanta Yai ke pulau Lipe via dermaga Pak Bara dan 50 Bath untuk beli makan malam.

Bagian Kelima: Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 1

Bagian Kelima: Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 2

Bagian Kelima: Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 4

Bagian Kelima: Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 5

Bagian Kelima: Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 6

Bagian Keenam: Merayakan Idul Fitri Bersama Ibu

(Visited 95 times, 1 visits today)

7 Responses

1. […] Thailand (an Itinerary) – Day 2. PAHAMK’s Love Live and Lable Honey Moon (Bagian Kelima): Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 3. PAHAMK’s Love Live and Lable Honey Moon (Bagian Kelima): Island Hopping in Southern Thailand (an […]

2. […] Thailand (an Itinerary) – Day 2. PAHAMK’s Love Live and Lable Honey Moon (Bagian Kelima): Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 3. PAHAMK’s Love Live and Lable Honey Moon (Bagian Kelima): Island Hopping in Southern Thailand (an […]

3. […] Bagian Kelima: Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 3 […]

4. […] Bagian Kelima: Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 3 […]

5. […] Bagian Kelima: Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 3 […]

6. […] Bagian Kelima: Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 3 […]

7. […] Bagian Kelima: Island Hopping in Southern Thailand (an Itinerary) – Day 3 […]